Selasa, 26 Januari 2016

[Survey] Gn. Batu - Jonggol

Gn. Batu

Ane dah 21 tahun tinggal di cileungsi, tetangganya jonggol. Baru tau nih gunung tahun kemarin (2015). -___-

Kalo dari data yang ane tau, ini gunung bukan seperti gunung yang terkenal karena ketinggian nya, tinggi gunung ini hanya 825 mdpl. Gunung ini menjadi terkenal karena lokasinya cukup terjangkau, tidak terlalu jauh dari yang tinggal di sekitaran Jakarta, Depok, Bekasi, dan Kab. Bogor.

Dari rumah ane (Cileungsi) waktu tempuh ke gunung ini, hanya memakan waktu 1 jam, waktu tempuh menggunakan motor, jika dengan mobil ada kemungkinan lebih lama.. Track yang ane tempuh :
  1. Menuju Jonggol kota, sebelum akses masuk ke Jonggol, ada pertigaan yang mengarah ke Cariu (Belok Kiri). Patokannya pom bensin tepat berada di ujung pertigaan tersebut.
  2. Ikuti jalan terus (sekitar 15 menit kecepatan normal 40 - 60 km/jam), nanti di sebelah kiri jalan ada papan peringatan mendekati kawasan PM -Polisi Militer-. Kurangi kecepatan, dan perhatikan pertigaan untuk belok kanan. Patokannya SDN Mengker, persis di seberang SDN tersebut jalan akses menuju gunung tersebut.
  3. Ketika masuk pertigaan ikuti saja jalan. Karena hanya satu ada 1 jalur utama melalui jalur ini. Sekitar 30 menit perjalanan, nanti akan ada Pesantren besar, tandanya sudah dekat dengan akses masuk gn. Batu melalui Pos 2.
 Akses masuk Pos 2

Kondisi Jalan Akses Pos 2

Karena kondisi jalan basah sisa hujan, ane mengurungkan niat untuk naik. Ban motor ane licin, suka slip (Motor Xeon).

Kondisi terbaik untuk nanjak, adalah musim panas. Karena menurut info yang ane peroleh, kondisi diatas pun cukup terjal dan licin pas musim hujan seperti sekarang.

Untuk menghibur diri, ane lanjutin lagi jalur utama jalan. Tadinya iseng, mau tau ada jalan lain yang lebih bisa ditempuh atau tidak, soalnya menurut info ada 3 pos untuk nanjak di gunung ini. Gak jauh dari jalan tersebut, ada kali yang arusnya cukup deras, suaranya sampai di tepi jalan. Penasaran dong, ane coba cari jalan ke kali itu.

Masih bisalah untuk menyegarkan jiwa dan raga #lebay, main di alam dikit.hehe.

Kesimpulannya, kalo mau naik ke gn.Batu tek-tok a.k.a pulang pergi, jalan jam 7 pagi, sampe di atas kemungkinan jam 10 pagi, itu waktu yang paling pas kalo menurut ane. Dan menjadi rencana lanjutan ane kalo mau ke sana.

Biaya perjalanan juga gak mahal, ane isi bensin motor full Rp 20.000, pulang sampe rumah masih sisa 1/2. Jadi kalo yang lebih jauh semisal dari depok, paling habis bensin Rp 30.000. Katanya sih, untuk penitipan motor kudu siapin Rp 15.000, itu info dari bulan Februari 2015, tahun lalu ga tau kalo sekarang.

Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali foto dan kisah manis, dan jangan bunuh apapun kecuali waktu

Berpegang dengan motto diatas, ini beberapa foto narsis yang ane ambil selama perjalanan :

Diperjalanan ketemu view bagus yang cukup bagus untuk menghibur mata, mampir foto-foto duls.

Eh ketemu tempat buat nampang di foto lagi, hajar !!

Foto lagi dikit..... :p

Ganteng dikit, cekrek !

Ganteng "BANYAK" Cekrek !! :D v*peace

Ganteng banyak, cekrek cekrek !

NB:
- Perjalanan dilakukan hari Minggu, 24 Januari 2016.
- Start dari Cileungsi pukul 15.30 WIB
- Sampai di kali 17.00 WIB (sempat mampir foto-foto dulu, hehe).
- Lepas landas dari kali pukul 17.50 WIB
- Mampir Ishoma di warung nasi uduk warga s/d pukul 19.00 WIB
- Sampai rumah pukul 20.00 WIB

Sekian, dan terima kasih telah mampir....

Bonus, the duck face !!

Bagikan

Jangan lewatkan

[Survey] Gn. Batu - Jonggol
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.