Selasa, 22 Mei 2012

Sekilas tentang BLOG

Blog sudahlah tidak asing lagi kita dengar saat ini, dalam akun social networking, saat wawancara kerja, dan banyak kasus lainnya, dimana blog dapat dikatakan sebagai identitas diri. Tapi, seiring perkembangan waktu, fungsi blog pun bergeser, salah satu contohnya "blog sebagai media pemasaran".

Sudahkah Anda tahu, apa sih sebenarnya blog itu ? Lalu, fungsi-fungsi blog itu apa saja ?

Kita mulai dari arti nama blog dan sejarahnya. Blog merupakan singkatan dari web log yang berbentuk aplikasi web yang muatan didalamnya biasanya berupa teks, gambar, video, dan lain sebagainya dan di share untuk umum.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya Pyra Lab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.


Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh tim penulis -biasanya untuk konsumsi publik dalam maksud tertentu, bisa pemasaran, bisa kampanye politik, dan lain sebagainya-. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Dari penjabaran diatas, kita mengetahui sekilas mengenai sejarah dari "blog" dan beberapa fungsi di antaranya. Menurut pendapat saya secara subjektif, akhir-akhir ini blog marak digunakan sebagai media promosi. Banyak sekali blog diciptakan hanya untuk memasarkan produk, informasi yang diposting merupakan copy-paste dari blog orang lain, sehingga SEO dari blog tersebut tinggi dan orang apabila mencari informasi melalui search engine akan banyak sekali bermunculan blog serupa. Dan apabila kita masuk kedalam blog tersebut, bagian untuk informasinya sempit sekali dibandingkan produk-produk yang mereka pasarkan didalam blog tersebut. Dan sering kali kita terganggu dengan iklan yang langsung muncul atau mengikuti dari halaman blog tersebut jika kita naik turun dalam halaman tersebut.
Itu merupakan salah satu cara pemasaran, dan kesannya saat ini sudah lumrah dilakukan -_-

Create and use blog wisely guys....

Sumber : Wikipedia, dan olahan dari berbagai sumber.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sekilas tentang BLOG
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.